BAHAN

Mengenal Macam Bahan Pakaian

Ilustrasi Bahan Pakaian Tenun

Mengenal Macam Bahan Pakaian

Bagi manusia moderen pakaian adalah merupakan kebutuhan pokok. Selain berfungsi sekedar menutup bagian tubuh, pakaian juga berfungsi melindungi tubuh dari berbagai keadaan cuaca. Bahkan fungsi pakaian sudah menjadi sangat komplek dengan perkembangan budaya fashion saat ini. Dipasaran kita mengenal berbagai macam bahan pakaian. Berbagai macam jenis bahan dasar, bermacam corak dan motif bahan pakaian kadang malah membuat kita bingung untuk memilih.

Tapi apakah kita tahu bagaimana bahan pakaian ini dibuat?

Pada dasarnya bahan pakaian diproduksi dari bahan dasar benang dengan dua macam teknik dasar, yaitu tenun (weaving) dan rajut (knitting). Apakah perbedaan antara tenun dengan rajut?

Teknik

  • Tenun

Teknik pembuatan kain tenun adalah dengan cara dianyam. Persisi sama seperti halnya kita menganyam bambu atau menganyam kertas saat membuat prakarya ketika sekolah SD.

Benang disusun berbaris secara sejajar yang disebut dengan benang lusi (warp), selanjutnya dianyamkan dengan benang melintang yang disebut dengan benang pakan (weft). Benang lusi secara bergantian naik turun setiap kali dianyam benang pakan.

Islustrasi Bahan Pakaian TenunIlustrasi Bahan Pakaian Tenun Tenun Tradisional (ATBM)Tenun Moderen

 

  • Rajut

Berbeda dengan tenun, dalam teknik merajut hanya memerlukan seutas benang yang dirajut. Disini saya kesulitan untuk mendiskripsikan makna dirajut. Atau mencari padanan kata rajut seperti kata anyam pada tenun. Ilustrasi lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah.

Ilustrasi Bahan Pakaian RajutRajut Tangan Rajut Mesin ManualRajut Komputer

 

Karakteristik

Dari sisi karakteristik sebetulnya sangat mudah untuk membedakan antara rajut dan tenun. Dilihat dari teksturnya biasanya akan dapat kita bedakan.

Perbedaan lain yang sangat jelas yaitu sifat kemelarannya. Meskipun dibuat dari bahan benang yang sama, kain rajut akan bersifat mudah melar, elastis atau stretchy. Berbeda dengan kain tenun yang cenderung tidak elastis atau kaku.

Dilihat dari karakteristik tersebut bahan rajut biasanya dipakai untuk bahan pakaian yang bertema sporty, casual dan unformal. Contohnya pada kaos, sweatshirt, sweater, knitwear dll. Sedangkan bahan tenun biasa dipakai untuk pakaian yang bertema formal seperti pada kemeja, jas dll. Pakaian berbasis rajut cenderung lebih nyaman dipakai, karena sifatnya yang relatif elastis. 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.